Selasa, 29 Oktober 2019

Mengenal Apa Saja Dua Tipe Mode Dari RPA

  Tidak ada komentar


RPA dapat bekerja dalam 2 tipe mode yaitu attended mode dan unattended  mode.  Bot dengan  mode attended akan membutuhkan  manusia  untuk  menjalankannya,  sedangkan robot dengan  mode unattended dapat dijadwalkan atau dapat dijalankan dari sebuat event.
Unattended  bot  biasanya  melakukan  operasi  batch  yang tidak  memerlukan  intervensi pengguna.  Misalnya, kumpulan informasi  klien  baru  diterima  dalam  spreadsheet  dan  perlu dimasukkan ke beberapa aplikasi. Perusahaan yang mengharapkan efektivitas RPA dalam alur kerjanya  pertama-tama  perlu  memahami  perbedaan  antara Attended Bot dan Unattended Bot. Attended  bot biasanya  berjalan  di  local  desktop,  artinya mereka memanipulasi program front-office yang sama dengan yang  digunakan  oleh  pengguna  akhir.  Ini  kadang-kadang disebut  juga  sebagai  otomasi  desktop. 
Attended  bot merespons  secara  eksklusif  terhadap  permintaan  pengguna atau peristiwa yang dipicu manusia. Dengan kata lain attended robot  dapat  juga  disebut  sebagai  asisten  pribadi  pengguna akhir. Attended bot bermanfaat untuk pengguna agar dapat dengan cepat  mengkoordinasikan  tugas-tugas  sederhana  namun membosankan seperti mencari dan mengambil data pelanggan tertentu.  Misalnya, attended  bot dapat  mengambil  data dari satu aplikasi dan membawanya ke aplikasi yang lain. Secara  umum ada  3  manfaat  utama yang  didapatkan  jika mengimplementasi attended bot yaitu:
1. Waktu implementasi yang cepat.
2. Pengembalian investasi yang cepat.
3. Tidak mengganggu alur kerja yang ada.
Unattended  bot digunakan untuk  fungsi back-office  yang memiliki dampak yang lebih luas pada alur kerja. Unattended bot biasanya berjalan di server organisasi dengan sedikit atau tanpa campur  tangan manusia. Unattended bot akan berjalan pada  jadwal  yang  telah  ditentukan  atau  secara  real  time, 24/7/365. Berikut  dibawah  ini  adalah  contoh  skenario  RPA  yang menggunakan mode Unattended bot sbb:
1. Pemrosesan klaim di perusahaan asuransi.
2. Pemrosesan aplikasi untuk pelanggan membuka rekening di bank.
3. Pembuatan dan distribusi faktur dari pemasok.
Tidak  seperti attended  bot,unattended  bot dapat dikendalikan dan dijadwalkan dari  jarak jauh karena  mereka biasanya  beroperasi  pada  mesin  virtual.  Keterlibatan  TImungkin diperlukan untuk konfigurasi unattended bot. Secara  umum ada  3  manfaat  utama yang  didapatkan  jika mengimplementasi unattended bot yaitu:
1. Transformasi  digital  adalah  keunggulan  utama unattended bot.
2. Mengoptimalkan proses di seluruh perusahaan.
3. Memiliki potensi ROI yang lebih besar         

Sumber: https://www.researchgate.net/publication/332325221_STUDI_LITERATUR_ROBOTIC_PROCESS_AUTOMATION   

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Contact

Contact
Facebook